Sampah Menggunung Pascabanjir Banjarmasin, Mukhyar Turunkan Personel Lebih Banyak


    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Pascabanjir yang terjadi di beberapa kecamatan di Kota Banjarmasin berdampak pada menumpuknya sampah.

    Pantauan di beberapa tempat pembuangan sampah sementara (TPS), terlihat tumpukan limbah rumah tangga itu menumpuk hingga menggunung. .

    Hal itu dikarenakan selama banjir warga sulit membuang sampah, sehingga setelah air mulai surut mereka pun dalam waktu hampir bersamaan membuang sampah, termasuk sisa-sisa bekas banjir.

    Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Banjarmasin, Drs H Mukhyar, mengakui bahwa terjadi peningkatan jumlah sampah yang dibuang masyarakat pascabanjir.

    “Hampir setiap TPS membeludak, karena masyarakat bersamaan membuang sampah, khususnya di kawasan yang terdampak banjir,” ucapnya.

    Guna mengatasi hal ini, kata Mukhyar, BLHD menurunkan personel lebih dari biasanya, termasuk armada angkut maupun penambahan jam kerja petugas.

    Hal itu dikarenakan, kalau pada hari-hari normal jumlah sampah yang diangkut di Banjarmasin berkisar 500 ton per hari, namun, pascabanjir jumlahnya meningkat hingga 7 kali lipat.

    Adapun penghasil sampah terbanyak berada di kawasan Kuripan, gudang kulit, dan Pasar A Yani. Namun, di kawasan lain pun juga terjadi penumpukan sampah khususnya pada malam hari.

    Rata-rata tempat tersebut mengalami kebanjiran, sehingga sampah menumpuk dengan cepat. (ayn)

    Editor: Erna Wati

    Baca Juga :   BPBD Balangan Gelar Bimtek untuk Perencanaan Pembangunan Daerah Tentang Kebencanaan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI